Feeds:
Tulisan
Komentar

Archive for Januari, 2010

GAYA

Rangkuman materi:

  • Gaya adalah tarikan dan dorongan
  • Alat pengukur gaya adalah Dinamometer
  • Satuan Gaya dinyatakan dalam Newton atau Kgf
  • Pengaruh gaya terhadap benda:

    a. Gaya dapat merubah bentuk benda

    b. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak

    c. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak mejadi diam

    d. Gaya dapat merubah arah gerak suatu benda
  • Semakin kasar permukaan benda maka gaya geseknya semakin besar
  • Semakin halus permukaan benda maka gaya geseknya semakin kecil
  • macam-macam gaya

    a. Gaya Gesek

    b. Gaya Grafitasi

    c. Gaya Pegas

d. Gaya Magnet

    e. Gaya Listrik Statis

    f. Gaya Otot

  • Permukaan ban dan alas sepatu dibuat kasar/beralur bertujuan untuk memperbesar gaya gesek. Hal ini menyebabkan kita tidak mudah terpeleset.

Read Full Post »

Cahaya dan Penglihatan

CAHAYA DAN PENGLIHATAN

Sebelum kita mulai belajar, ada beberapa pertanyaan yang perlu teman-teman pecahkan.

Dapatkah teman-teman mengamati benda-benda di sekitarmu saat ini? Bagaimana jika ruangan ini gelap dan tidak ada cahaya sedikitpun, apakah kalian masih bisa melihat benda-benda tadi?

Nah, dari dua pertanyaan di atas bisakah teman-teman simpulkan, apa yang menyebabkan kita bisa melihat benda-benda yang ada di sekitar kita?

1. Sifat-sifat cahaya

a. Cahaya merambat lurus

perhatikan percobaan berikut:

Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan oleh lampu senter tersebut merambat lurus.

Pada percobaan kedua juga tampak bahwa cahaya lilin bisa masuk kecelah yang dibuat pada karton yang dipasang sejajar dengan cahaya lilin. Sementara jika karton nomor dua kita geser maka cahaya tidak dapat masuk melalui celah yang dibuat dan terhalang oleh karton lain.

Pada percobaan tersebut menunjukkan bahwa cahaya dapat merambat lurus

b. Cahaya menembus benda bening

perhatikan percobaan berikut:

Pada percobaan di atas terdapat 1 gelas berisi air bening dan 1 gelas berisi air kopi yang pekat. Pada percobaan itu tampak adanya perbedaan rambatan cahaya, cahaya yang melalui gelas berisi air bening bisa di teruskan hingga menembus benda tersebut, sedangkan cahaya yang melalui gelas berisi air kopi yang pekat tidak dapat diteruskan/menembus gelas, karena cahaya yang melewatinya terhalang oleh partikel-partikel kopi/benda gelap di dalam gelas.

Pada percobaan tersebut menunjukkan bahwa cahaya dapat menembus benda bening.

c. Cahaya dapat dipantulkan

Perhatikan percobaan berikut:

Pada percobaan di atas tampak bahwa cahaya senter di pantulkan/dibelokkan.

Dari dua percobaan tersebut dapat dibedakan pantulan cahaya berdasarkan bidang pantulnya.

Jika cahaya mengenai benda yang datar/rata permukaannya akan terjadi pemantulan teratur.

Jika cahaya mengenai benda yang tidak rata permukaannya akan terjadi pemantulan baur/difus

d. Cahaya dapat dibiaskan

Perhatikan percobaan berikut:

Pada percobaan di atas tampak bahwa pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air akan tampak seperti bengkok/patah, hal ini terjadi karena pensil tersebut/cahaya melalui 2 medium benda yang memiliki kerapatan yang berbeda (Kerapatan udara lebih kecil dari kerapatan air).

Pada percobaan ke dua terlihat bahwa cahaya matahari yang mengenai prisma diuraikan menjadi beberapa warna (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilai, dan ungu atau disingkat MeJiKuHiBiNiU)

Dispersi cahaya : Peristiwa penguraian cahaya putih menjadi warna pelangi

Spektrum warna : Warna-warna pelangi yang terbentuk dari penguraian cahaya putih

Dua percobaan di atas menunjukkan bahwa cahaya dapat dibiaskan.

2. Hubungan antara cahaya dan penglihatan

a. Benda dapat kita lihat karena ada yang memantul pada benda ke mata kita.

Kita dapat melihat benda yang ada di sekitar kita karena ada cahaya yang memantul dari benda. Lensa mata kita akan terganggu jika kita sering melihat benda-benda/membaca dalam ruang yang remang-remang, mata kita juga akan rusak jika sering melihat benda dalam cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Saran menjaga kesehatan mata:

1. Membaca pada ruang yang cukup terang

2. Jarak pandang mata saat membaca kira-kira 30 cm dengan buku

3. Tidak memandang secara langsung benda-benda yang terlalu menyilaukan

4. Makan-makanan yang sehat dan mengandung vitamin A

b. Alat-alat optik membantu penglihatan kita.

    - Kacamata : berguna untuk membantu penglihatan pada orang yang mengalami kelainan/cacat mata
    - Miopi/Rabun Jauh : tidak bisa melihat pada jarak agak jauh ditolong dengan lensa minus ( – )/cekung

    - Hipermetropi/Rabun dekat : tidak bisa melihat pada jarak dekat ditolong dengan lensa positip ( + )/cembung

    - Presbiopi/Catat mata tua : tidak bisa melihat pada jarak terlalu jauh dan terlalu dekat ditolong dengan lensa rangkap (positip dan negatip)

    - Astigmatisme : tidak bisa membedakan garis lengkung dan lurus secara bersamaan, ditolong dengan lensa silinder

    - Katarak : kornea mata tertutupi oleh selaput tipis

    -Trahoma : mata mengalami kelainan akibat bakteri

    Kaca Pembesar (LUP) : berguna untuk melihat benda-benda yang kecil

    Mikroskop : berguna untuk melihat benda yang berukuran sangat kecil (mikro) seperti jamur, virus, bakteri, sel dll

    Kamera : berguna untuk menampilkan bayangan pada sebidang kertas atau layar

    Teropong/Teleskop : berguna untuk melihat benda-benda yang jauh seperti bintang, planet, tempat yang jauh dll.

    a. Teleskop bumi

    b. Teleskop bintang
    Periskop : berguna untuk melihat benda-benda yang terhalang, misalnya saat di kapal selam melihat permukaan air/laut

Latihan soal

  1. Benda yang dapat menghasilkan cahaya sendiri disebut …

a. benda gelap b. benda terang c. sumber cahaya d. berkas cahaya

  1. Pensil yang dimasukkan ke dalam gelas gerisi air tampak sepeti patah karena mengalami …
      a. pemantulan b. pembiasan c. penguraian d. perambatan
  2. Lensa yang bagian tengahnya lebih tipis dari pada bagian tepinya disebut lensa ….a. cembung b. cekung c. rangkap d. silinder
  3. Diantara benda-benda berikut yang tembus cahaya adalah ….a. papan tulis b. tembok c. kaca d. seng
  4. Benda yang dapat ditembus oleh cahaya disebut benda ….
      a. bening b. gelap c. terang d. padat
  5. Cahaya yang jatuh pada cermin datar akan dipantulkan dengan ….a. sudut pantul lebih besar dari pada sudut datang
      1. c. sudut datang sama dengan sudut pantul

        d. sudut pantul selalu berimpitan dengan sudut datang

    1. b. sudut datang lebih besar dari pada sudut pantul

  6. Di bawah ini yang termasuk sumber cahaya adalah ….a. bumi b. bulan c. matahari d. planet
  7. Bayangan yang terbentuk pada cermin datar adalah ….a. diperbesar dan jaraknya lebih jauh

b. diperbesar dan jaraknya sama

c. diperkecil dan jaraknya sama

d. sama besar dan jaraknya sama

  1. Kaca spion biasanya menggunakan cermin ….a. cekung b. cembung c. datar d. campuran
  2. Benda-benda yang ada di sekitar kita akan terlihat jika ada ….a. cahaya mengenai benda c. cahaya mengenai mata

    b. tidak ada cahaya yang mengenai benda d. tidak ada cahaya sama sekali

  3. Pemantulan difus terjadi jika cahaya mengenai benda yang memiliki permukaan ….a. datar b. rata c. licin d. tidak rata
  4. Pemantulan cahaya pada permukaan datar atau rata disebut pemantulan….a. teratur b. difus c. tidak teratur d. baur
  5. Alat optik yang digunakan oleh kapal selam untuk melihat benda di permukaana air disebut ….a. mikroskop b. teleskop c. periskop d. stetoskop
  6. Peristiwa penguraian cahaya putih menjadi warna pelangi disebut ….a. dispersi cahaya b. spektrum cahaya d. pemantulan cahaya d. pewarnaan cahaya
  7. Alat-alat yang menggunakan lensa disebut ….a. alat optik b. alat lensa c. alat bantu d. mikroskop
  8. Cahaya yang melewati dua benda yang berbeda kerapatannya akan ….a. dibiaskan b. dipantulkan c. diuraikan d. diteruskan
  9. Rabun jauh disebut juga ….a. miopi b. hipermetropi c. presbiopi d. astigmatisme
  10. Kelainan/gangguan mata akibat kornea ditutupi selaput putih tipis disebut ….a. rabun januh b. buta warna c. rabun ayam d. katarak
  11. Penderita astigmatisme ditolong dengan kacamata berlensa ….a. cembung b. cekung c. cekung-cembung d. silinder
  12. Sifat bayangan yang dihasilkan oleh kamera adalah ….a. nyata, diperbesar, terbalik c. nyata, diperkecil, terbalik

    b. maya, diperbesar, terbalik d. maya, diperkecil, terbalik

Read Full Post »

Pelatihan yang membosankan…

Uaaaaaagh…. ngantuk banget… lha gimana ga ngantuk… lha semalem aku barusan bertempur melawan dinginnya hujan di sepanjang perjalanan dari Banyuwangi ke Surabaya…

di atas tu foto ustad woli… keliatan to gmn kira-kira kondisi di dalem ruang pelatihan saat ini… feeeehh… betul-betul menyebalkan, membosankan, ngantuk…  cape deh…

ni pelatihan sebenere bukan yang tak harapkan… gimana nggak, bayanganku tu kita musyawarah bersama nentukan SKBM and evaluasi semeter 1 gt… kan asyik to ada sambungannya…

kalo ada kurangan dibahas bersama and di cari solusinya… jadi sama-sama introspeksi gt… lha ini…. fuuuuugh…

ni pelatihan kira-kira baru kelar sekitar jam 2 siang, padahal jam tu aku harus segera meluncur ke Stasiun Gubeng buat berburu tiket ke Banyuwangi… nah capek to…

emmm… gmana ya.. pa melarikan diri aja ya…hihihi… jadi inget waktu SMA dulu…

sekedar cerita aja, waktu d SMA aku tuh paling jago mbolos alias melarikan diri waktu pelajaran yang membosankan gt… huahahahahah… jelek si.. lha tapi asyik kok…

emm… mending sih dari pada dah capek-capek ngikuti pelajaran tapi ga dapet apa-apa.. mending pulang aja, dah ga capek kita bisa belajar sendiri gt di rumah iya to…

aku tuh sebenere ga pinter-pinter amat se, cuma waktu itu aku seneng banget buat rangkuman pelajaran gitu, tapi bukan buat nyontek si…

tu catetan tak buat sebagai pengganti belajarku… aku kan lumayan males to kalo disuruh belajar ato sekedar baca-baca, padahal tuntutan di sekolah kita musti dapet nilai bagus to… nah itu aku punya jurus lumayan jitu, yaitu bikin catetan ato rangkuman buku pelajaran, tiap sore selesai ngerjain tugas rumah alias bantu-bantu ibu beresin rumah, tu catetan tak baca and kalo matematika tak coba kerjakan contoh soal gitu.. wal hasil.. ga da kesulitan kok kalo ada ulangan… suerrr… ga pakek bo’ong… ga percara? coba aja…

ups… ni dah waktunya coffee break habis… yah… pelatihan lagi… bosen lagi deh… fuuuugh…. cape deh…

Read Full Post »

haaaa…. akhirnyaa… kelar juga…

hari yang sangat melelahkan…. penerimaan rapor semester 1 Alhamdulillah dah kelar… hihihi meski lumanyan bqn dongkol… huahahaha… gimana nggak…?? lha aku tadi kebetulan minta bantuan Ustad Dwi buat ngurus administrasi kebutuhan siswa semester 2, lha tau sendiri to ustad Dwi tu guru paling kocak d sekolahku… huahahaha… lha wali muridku tu lumayan gt.. pa lagi mamanya Reza… hihihi…

ceritanya gini… waktu itu kira-kira tinggal 3 wali murid yang belum ambil rapor… lha salah satunya ya mamahnya Reza itu… lha tugas Ustad Dwi sih sebenere dah kelar, cuma beliau masih nunggu aku gt… lha ngeliat Ustad Dwi yang lagi bengon gt, mamanya Reza langsung aja nyelonong sambil bilang.. “pak maaf ya… dari pada Bapak bengong ga da kerjaan gt…saya cerita sebentar….” hihihihi…

Ustad Dwi langsung aja kelabakan gt…. wekekekekek….

Mamahnya Reza langsung cerita macem-macem… mulai dari pendidikan anak, psikologi anak, eh… aku juga kena ternyata… mamah Reza bilang lagi… “Ustad Cahyo dah liat pajangan anak di belakang belum…??”

jadi penasaran..???? mang di hasil karya anak-anak ada apanya…? kan dah biasa to pajangan di belakang… ga ada yang aneh…

“coba Ustad Cahyo ke sini sebentar” kata mama Reza sambil bergegas ke belakang… “ni Ustad… masak d pajangan ini ada tulisan ‘Ustad Cahyo Ganteng’, ‘Ustad Cahyo Love…” hihihihi… jadi malu… lha ga kebayang si ada tulisan kaya gitu….

huahahahaha… tapi mang ganteng si… hihihihi…

Read Full Post »

Catatan harian…

Fuuugh…. lumayan capek sih……

lha bayangin saja, kemaren siang waktu pulang sekolah terpaksa ujan-ujanan buat ngambil sepeda motor kesayanganku… hihihi… butut si…, lha tu sepeda dah beberapa hari yang lalu ngekos d rumah pak eko… yah mau ga mau harus tak ambil hari itu, mumpung lagi semangat and kerjaan dah lumayan ga banyak…, wehh.. padahal kondisi fisik belum fit bener….

Tadi pagi tu aku bener-bener ngerasa dunia berputar… pusying… puyeng… mo ngambil handuk buat mandi pagi aja rasanya butuh konsentrasi yang super… hihihihihi… akhirnya… berhasil juga.

sebelum berangkat sekolah aku masih punya PR yang harus tak selesaikan yaitu nyeting GPRS buat my sweety HP, dengan setengah merintih akibat pusing tujuh keliling akhirnya selesai juga… taraaaaa… semangatku langsung pulih seperti sedia kala saat aku nyoba Facebook lewat ponsel jadulku…

Ni aku ada d dalam lab.komputer sekolahku… mulai pagi sampek siang semua temen2 ku pada hilir mudik; ada yang berlarian, naik turun tangga, ada yang mondar-mandir kaya setrikaan…. hihihi ada juga yang lagi molor karena kecape’an.. lucu juga si…

ni semua karena besok pagi adalah hari pembagian rapor semester I, jadi semua pada nyiapin segala administrasi and keperluan buat nyambut Bapak/Ibu wali murid… hihihihi…

kalo aku sih nyantai aja, lha kerjaan ku dah tak beresin beberapa hari yang lalu… jadinya ga gitu ribet. Sesekali aku juga mbantu kerjaan mereka…

o ya… tadi pagi tu kelasku kan sedang lomba menggambar dalam rangka class meeting… lha pendamping lombanya kebetulan lagi ngeluyur ga tau kemana, fuuugh… nambah kerjaan akhirnya, ups… ga papa si aku jadi bisa maen ma my sweety students… kikikikiki…

lha sambil nunggu anak-anak bikin lukisan aku ga mau bengong gt aja, tak coba cari sesuatu di lemari kelasku… wehh.. ada ide nich… di dalam ternyata masih banyak persediaan kertas lipat warna-warni…

sambil liat TV di kelas kertas warna-warni tu tak gunting kecil-kecil, aku coba buat hiasan smily… satu…dua…tiga… eh ternyata banyak jg hasilnya… lha setelah anak-anak selesai bikin lukisan aku menunjukkan satu karyaku pada mereka… weh…responnya luarbiasa…. hihihihi… lucu sekali…

akhirnya anak-anak pada mendekat, lha kesempatan itu tak pakek buat memberdayakan mereka sekaligus melatih kreatifitas meraka… wekekekek… walhasil kelas jadi lebih bergairah… ga ada ruang yang tersisa d kelasku, semua terpenuhi dengan hiasan smily… hihihihi… asyik sih… seru banget…

Read Full Post »

ALAT INDERA

Bagaimana kita tahu kalau api itu panas, es krim itu dingin tapi lezat,
bunga mawar harum dan indah tapi durinya bisa membuat sakit, atau burung
kutilang itu merdu suaranya? Ya, dalam tubuh kita terdapat alat-alat yang
dapat dengan mudah merasakan berbagai keadaan itu. Alat-alat itu
disebut alat indra.
Alat indra pada manusia ada lima, disebut juga panca indra yaitu indra
penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pencium (hidung), indra
pengecap ( lidah) dan indra peraba (kulit)

a. Mata

Gambar penampang mata

Fungsi bagian-bagian mata:

1. Kornea : untuk melindungi bagian dalam mata

2. Pupil : tempat masuknya cahaya ke dalam mata

3. Iris : bagian mata yang berfungsi mengatur lebar sempinya pupil

4. Lensa mata : bagian mata yang berfungsi memfokuskan bayangan

5. Retina : tempat jatuhnya bayangan

6. Syaraf mata : meneruskan rangsang dari retina ke otak

Gangguan dan kelainan pada mata:

1. Miopi (rabun jauh) : ketidakmampuan mata melihat benda yang jauh

2. Hipermetropi (rabun dekat) : ketidakmampuan melihat dekat

3. Presbiopi (mata tua) : ketidakmampuan melihat pada jarak dekat dan

jauh

4. Buta warna : ketidakmampuan mata melihat warna

5. Katarak : gangguan berupa adanya selaput putih pada kornea

sehingga membatasi pandangan

  • Papilla : bintil-bintil pada lidah yang peka terhadap rasa tertentu
  • fungsi lidah : – merasakan makanan

– mengatur masuknya makanan ke dlm tenggorokan

b. Hidung

Gambar penampang hidung

Saat bernafas dianjurkan melalui lubang hidung, karena di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu hidung, fungsinya yaitu untuk menyaring udara yang masuk ke dalam tenggorokan dan mengatur kelembabannya.

Anosmia adalah gangguan pada indra penciuman kita untuk merasakan bau.

c. Telinga

Gambar penampang telinga

bagian-bagian dalam telinga:

1. daun telinga (menangkap getaran suara)

2. rongga telinga

3. selaput gendang

4. tiga tulang pendengaran

5. rumah siput

6. syaraf pendengaran

7. saluran eustachius (saluran yang menghubungkan rongga telinga

dengan rongga mulut)

d. Lidah

Gambar penampang lidah

e. Kulit

Gambar penampang kulit

catatan:

Kulit ari : lapisan kulit terluar yang tersusun atas sel kulit mati.

Read Full Post »

RANGKA MANUSIA

Ringkasan Materi:

RANGKA

  1. Rangka adalah kumpulan tulang-tulang yang tertata rapi.
  2. Tulang tersusun atas; kalsium, fosfor, dan kolagen (zat perekat).
  3. Secara garis besar rangka manusia terbagi atas 3 bagian, yaitu rangka kepala, rangka tubuh, dan rangka anggota gerak (anggota gerak atas dan gerak bawah)
  4. Fungsi rangka kita adalah : – memberi bentuk pada tubuh

- melindungi organ tubuh yang penting

- menegakkan tubuh

- alat gerak pasif

Coba sekarang kerjakan soal-soal berikut!
1. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur membentuk ….
2. Penghubung antar tulang disebut….
3. Bagian tubuh yang dapat menggerakkan rangka disebut ….
4. Bagian terkecil yang menyusun makhluk hidup disebut … .
5. Rangka manusia dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu:
6. Rangka kepala disebut juga…….
7. Rangka kepala tersusun dari ……
8. Rangka badan tersusun mulai dari tulang………sampai tulang….
9. Tulang leher terdiri dari …………….ruas.
10. Jumlah tulang leher sampai dengan tulang ekor adalah …ruas.
11. Tiga puluh ruas membentuk tulang ….
12. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga….
13. Rangka anggota gerak terdiri dari rangka anggota gerak…dan rangka anggota gerak …
14. Rangka anggota gerak atas disebut juga …terdiri dari….
15. Rangka anggota gerak bawah disebut…terdari dari….
16. Tulang manusia yang terbesar adalah….
17. Sendi adalah tempat pertemuan ….
18. Jenis –jenis sendi yaitu :
19. Sendi engsel adalah sendi yang dapat digerakkan .…arah.
20. Contoh sendi engsel adalah….
21. Sendi pelana adalah ….
22. Contoh sendi pelana adalah….
23. Sendi peluru adalah sendi yang dapat digerakkan ….
24. Contoh sendi peluru adalah….
25. Contoh sendi putar adalah .…
26. Fungsi atau kegunaan rangka ada 4 macam yaitu : .…
27. Rangka kepala (tengkorak) melindungi ….
28. Ruas tulang leher melindungi ….
29. Rangka rongga dada melindungi ….
30. Tulang pinggul melindungi …dan.…
31. Tulang belakang melindungi ….dan berguna untuk….
32. Contoh penyakit yang menyerang tulang adalah : .…
33. Gangguan tulang punggung terlalu bengkok ke depan (berbentuk huruf L) disebut .…
34. Gannguan tulang punggung terlalu bengkok ke belakang (membungkuk) disebut ….
35. Gangguan tulang punggung terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan disebut ..
36. Untuk menjaga kesehatan tulang kita harus makan makanan yang mengandung vitamin….
37. Sinar matahari pagi dapat mengubah provitamin …menjadi vitamin….

Gambar rangka kepala/tengkorak:

Gambar rangka badan:

Gambar tulang belakang:

Gambar anggota gerak atas dan bawah:

Gambar kelainan tulang belakang akibat salah posis duduk:

a. Kifosis : tulang belakang bengkok be belakang (bungkuk)

b. Lordosis :tulang belakang bengkok ke depan

c. Skoliosis : tulang belakang bengkok ke kiri atau kekanan

Jenis-jenis tulang berdasarkan bentuknya:

1. Tulang pipa

2. Tulang pipih

3. Tulang pendek

Gambar tulang pipa:

Gambar tulang pipih:

Gambar tulang pendek:

Jenis tulang berdasarkan strukturnya:

1. Tulang keras : strukturnya keras (tulang belakang, tulang lengan, dll)

2. Tulang rawan : strukturnya lunak (tulang telinga, cuping, dll)

Read Full Post »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.